Leo-sasak
Image by Cool Text: -

Kamis, 17 Januari 2013

Resep Bumbu Nasi Goreng


Bumbu nasi goreng, mie goreng dan kwetiaw yang saya buat adalah dalam skala besar yang sudah saya atur sedemikian rupa agar praktis dalam pemakaiannya termasuk garam dan penyedap rasa yang sudah terkandung di dalamnya. Jadi, saya tinggal memakainya karena sudah saya tempatkan dalam wadah takaran yang tepat dengan tujuan menjaga agar rasa tetap sama dari waktu ke waktu. Tapi jangan kuatir, saya tetap membocorkan resep nasi goreng saya kepada Anda.
Bumbu Nasi Goreng

Bahan-bahan:

  1. 100 gr bawang merah.
  2. 20 gr cabe merah, buang bijinya.
  3. 20 gr udang segar.
  4. 20 gr kemiri.
  5. 25 gr bawang putih, biarkan mentah agar saat bumbu digoreng aromanya sangat tajam.
  6. Lada bubuk, secukupnya.
  7. Garam, secukupnya.
  8. Penyedap rasa, secukupnya.

Cara membuat:

  1. Goreng butir 1-4 secara terpisah.
  2. Setelah semua masak, campur dengan butir 5 dan 6, lalu haluskan. Jika dihaluskan dengan blander, pakelah minyak sayur sebagai pelicin. Selain sebagai pelicin juga sebagai pengawet. Ingin lebih awet lagi? Taburkan garam secukupnya kira-kira untuk 8 porsi. Ingin lebih praktis? Masukkan juga penyedap rasa. Semua bumbu harus diaduk rata. Jika dibiarkan lama, minyak akan terpisah. Ambillah untuk campuran menumis agar saat menumis aromanya sudah membuat anda marasa lebih lapar.
Membuat bumbu sudah selesai. Bumbu ini bisa bertahan lebih dari 2 minggu, apalagi kalau disimpan di kulkas. Anda bisa setiap hari makan nasi goreng buatan sendiri. Mantap bukan?
Sekarang kita belajar cara membuat nasi gorengnya. Kita coba membuat 4 piring nasi goreng. Bahan-bahan:
  1. 4 piring nasi, pera lebih baik.
  2. 4 butir telur ayam.
  3. Sayuri-sayuran (Boleh sosin, kol, sawi, atau lainnya sesuai selera Anda).
  4. Isi capuran (Boleh ayam suwir, seafood, daging atau lainnya sesuai selera Anda, yang penting semuanya sudah dalam keadaan masak).
  5. Kecap manis ( saya anjurkan untuk memakai kecap Bango untuk kualitas rasa terbaik, karena saya sudah mencoba berbagai merk kecap manis).
  6. Minyak sayur, secukupnya untuk menumis.
  7. 50% bumbu yang Anda buat di atas.

Cara memasak:

  1. Panaskan wajan dengan api yang cukup, masukkan minyak untuk menumis, lalu masukkan telur. Aduk, buat telor jangan terlalu hancur.
  2. Masukkan bumbu, aduk sampai agak kering.
  3. Masukkan nasi, sayur-sayuran, dan isi campuran. Besarkan api, aduk sampai benar-benar rata.
  4. Setelah 5-7 menit, masukkan kecap manis, sambal (sesuai selera Anda). kecilkan api, aduk kembali.
  5. Setelah rata dan terlihat agak kering (sekitar 2 menit), matikan api. Sekarang nasi goreng siap menempati posisinya masing-masing diatas piring.

Acar/Asinan

Acar/Asinan juga biasanya dipakai untuk melengkapi makanan ini. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan seperti timun, wortel, bawang merah, dan cabe rawit. Cara membuatnya: timun buang isinya dan potong mirip dadu, wortel bersihkan kulitnya dan potong mirip dadu juga, bawang merah kupas kulitnya dan potong-potong, cabe rawit buang gagangnya. Maukkan semua ke dalam satu wadah, beri air, garam dan cuka secukupnya.

Kerupuk Udang

Pilihlah kerupuk udang untuk melengkapi menu anda. Jika ingin membeli kerupuk udang mentah dan menggorengnya sendiri, pilihlah kerupuk udang dengan merk “Padi Kapas”.
Nasi Goreng
Mie Goreng
Kwetiaw
Catatan:
Untuk membuat MIE GORENG dan KWETIAW, caranya sama dengan cara membuat nasi goreng, bumbu yang dipakai sesuaikan saja dengan porsinya, biasanya tidak sebanyak untuk membuat nasi goreng. Bumbu ini juga bisa anda pakai untuk memasak makanan yang lain.
Selamat berkreasi….!!!

0 komentar:

Posting Komentar

leo-sasak © 2008. Template by: Infonetmu